Jumaat, 22 April 2011

Cerita Seorang Kartini..


Raden Adjeng Kartini empunya nama.

Beliau merupakan ikon perjuangan wanita di bumi Merah Putih sehinggakan namanya diabadikan dalam peringatan Hari Kartini,setiap tanggal 21 April sempena tarikh keramat kelahiran hawa hebat ini..

Surat-surat tulisannya menggambarkan idea-idea besar yang dijana.

"Kartini menulis ide dan cita-citanya, seperti tertulis: Zelf-ontwikkeling dan Zelf-onderricht, Zelf- vertrouwen dan Zelf-werkzaamheid dan juga Solidariteit. Semua itu atas dasar Religieusiteit, Wijsheid en Schoonheid (yaitu Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan), ditambah dengan Humanitarianisme (peri kemanusiaan) dan Nasionalisme (cinta tanah air)"
~Sumber Wikipedia

Penindasan terhadap kaum wanita diJawa, tiadanya hak untuk membuat keputusan berkeluarga dan lain-lain.

"Pandangan-pandangan kritis lain yang diungkapkan Kartini dalam surat-suratnya adalah kritik terhadap agamanya. Ia mempertanyakan mengapa kitab suci harus dilafalkan dan dihafalkan tanpa diwajibkan untuk dipahami. Ia mengungkapkan tentang pandangan bahwa dunia akan lebih damai jika tidak ada agama yang sering menjadi alasan manusia untuk berselisih, terpisah, dan saling menyakiti. "...Agama harus menjaga kita daripada berbuat dosa, tetapi berapa banyaknya dosa diperbuat orang atas nama agama itu..." Kartini mempertanyakan tentang agama yang dijadikan pembenaran bagi kaum laki-laki untuk berpoligami. Bagi Kartini, lengkap sudah penderitaan perempuan Jawa yang dunianya hanya sebatas tembok rumah"

Sebuah perjuangan yang tidak semua orang tahu dan kenal.

Sebuah pengorbanan yang tiada taranya.

Selamat Hari Kartini...

Tiada ulasan: